Baik coupe, cabriolet, convertible, roadster, maupun spyder
selalu identik dengan mobil berperforma tinggi seperti sportscar atau supercar.
Para pecinta otomotif dan kecepatan mungkin sudah tidak asing mendengar istilah
tipe-tipe mobil tersebut. Namun jika Anda bukan petrolhead murni, mungkin Anda
masih bingung membedakannya. Tapi actually, wajar kok. Karena tidak ada pakem
yang rigid mengatur penamaan model-model itu. So? What are their differences,
actually? Mari kita kupas satu per satu.
Coupe merupakan mobil dengan 2 pilar (A dan C) dengan ciri
khas atap belakang yang melandai serta overhang pendek layaknya fastback atau
liftback. Coupe mostly memakai konfigurasi 2 pintu, dan hampir semua sportscar
hanya memiliki 2 pintu (atau 3 pintu untuk model hatchback). Oleh karena itulah model coupe selalu identik
dengan sportscar. Sebuah coupe bisa memiliki 2 kursi atau 4 kursi, tergantung
desainernya. Pabrikan Jerman seperti BMW punya line up khusus sedan kupe mereka,
yaitu 4-series termasuk M4. Seteru abadinya, Mercedes-Benz, punya C43 AMG coupe.
Sementara itu, roadster atau spyder identik dengan sportscar
khusus 2 pintu dan 2 seater saja, serta memiliki atap softop atau hardtop yang
bisa dilipat. Contoh gampangnya adalah Mazda MX-5 Miata, roadster legendaris
asal Jepang. Miata sangat ikonik karena mempertahankan resep sejati sebuah
roadster klasik: dua kursi, mesin di depan, penggerak belakang, serta tentu
saja atap lipat dengan harga terjangkau. Versi soft top terbaru Miata bahkan
hanya membutuhkan satu tarikan tangan untuk membuka-tutup atapnya. Contoh roadster
lainnya banyak. Ada BMW Z3, BMW Z4, sampai dengan Lamborghini Aventador LP-700-4
Roadster.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVMOTojh1KGTuhDax_tJ-rXqbNf1ZjP4moAbfFvBGvnBX7SEPqi9g172Vakopj1sGEXvlfpEE_cf2upElQj4e6dLNfqWCgKrJosbIDPOAKylZacXmMZpIhkRVQvtKsK-2a6eFQ2A_yaWtI/s640/2011_porsche_918_spyder-wide.jpg)
So, bagaimana? Masih bingung?